Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan terhadap Loyalitas Produk Kosmetik Wardah pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
View/ Open
Date
2018Author
Bronto, Salsabila Imania
Djamaludin, Moh Djemdjem
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek terhadap loyalitas produk kosmetik Wardah secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan konsumen pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional study. Responden dalam penelitian ini adalah 100 orang mahasiswi UMM yang sedang atau pernah menggunakan produk kosmetik Wardah minimal dua kali yang dipilih dengan menggunakan teknik puposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner online oleh responden. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji relibilitas, uji validitas, korelasi pearson, dan Structural Equation Modeling (SEM). Citra merek produk kosmetik Wardah di benak responden belum cukup baik, sehingga kepuasan dan loyalitas responden terhadap produk kosmetik Wardah belum cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan. Citra merek memiliki pengaruh lebih besar daripada kepuasan terhadap loyalitas.