Efektivitas Media Sosial Instagram dalam Pemasaran Produk Sabisa Farm
Abstract
Penggunaan media sosial sebagai media komunikasi pemasaran berkembang
pesat terutama Instagram. Sabisa Farm merupakan unit teaching farm IPB yang
menggunakan Instagram untuk pemasarannya melalui post yang diunggah serta
membentuk online engagement atau respon yang diberikan followers berupa like,
comment, dan direct message. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
tipe post terhadap online engagement dan menganalisis pengaruh online
engagement terhadap frekuensi pembelian. Metode penarikan sampel yang
digunakan yaitu non-probability sampling dan diperoleh sampel sebanyak 207
responden. Data diolah menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tipe konten informasi kebun dan informasi
kunjungan pada post yang diunggah pada hari kerja mampu meningkatkan jumlah
like lebih banyak daripada tipe konten informasi produk, post berbentuk video yang
diunggah pada hari kerja dapat meningkatkan jumlah direct message lebih banyak
daripada post yang berbentuk foto, sedangkan post yang diunggah pada akhir pekan
tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah online engagement. Hasil
analisis juga menunjukkan bahwa jumlah like dan direct message berpengaruh
positif signifikan terhadap frekuensi pembelian produk dan kunjungan agrowisata.
Collections
- UT - Management [3459]