Analisis Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Minat Beli Produk Air Mineral Crystalline
Abstract
Pertumbuhan penduduk yang meningkat menjadi kontributor dalam
peningkatan permintaan air minum dalam kemasan. Tingginya permintaan air minum
menimbulkan persaingan serta variasi merk baru di pasar air mineral. Salah satu
kegiatan memperkenalkan produk air mineral baru yaitu dengan melakukan kegiatan
promosi melalui iklan televisi untuk menimbulkan minat beli konsumen. Crystalline
merupakan produk air mineral baru dari Orang Tua Group yang menggunakan iklan
televisi sebagai media promosi. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi
penilaian konsumen terhadap iklan televisi produk air mineral Crystalline,
menganalisis efektivitas iklan televisi produk air mineral Crystalline dan
mengidentifikasi pengaruh iklan televisi produk air mineral Crystalline terhadap
minat beli. Pengolahan data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS 16, serta
Microsoft Excel 2013. EPIC Model digunakan sebagai alat analisis penilaian
efektivitas iklan dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa variable iklan televisi secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli.
Komponen dalam iklan televisi yang paling berpengaruh terhadap minat beli adalah
pesan iklan, ilustrasi cerita, bintang iklan dan musik atau jingle iklan.
Collections
- UT - Management [3443]