Studi Pengembangan dan Investasi Agroindustri Kopi di Bogor.
Abstract
Kopi merupakan komoditas perkebunan yang prospektif untuk terus dikembangkan di Indonesia. Tanaman kopi (Coffea sp.) menghasilkan biji kopi yang dapat diolah untuk meningkatkan nilai tambahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis produk dan menganalisis pemasaran, kelayakan teknis, serta kelayakan finansial produk kopi yang prospektif di Bogor. Penelitian ini menggunakan analisis Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan produk. Analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) digunakan untuk menentukan pemasaran. Analisis kelayakan teknis dan analisis kelayakan finansial digunakan untuk menentukan kelayakan bisnis yang dijalankan. Berdasarkan hasil analisis AHP didapatkan bahwa produk kopi yang prospektif di Bogor adalah green bean. Produk ini akan dipasarkan di Indonesia, khususnya Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dengan target pasar adalah pabrik pengolahan kopi, coffee shop, dan konsumen kopi. Green bean diproduksi dengan metode full wash agar memiliki keseragaman dan cita rasa yang baik. Berdasarkan perhitungan kriteria investasi, bisnis ini memiliki NPV sebesar Rp473.988.014,00, IRR sebesar 16,4%, dan Net B/C sebesar 1,85 sehingga layak untuk dijalankan dengan payback period selama 4,2 tahun atau ± 50 bulan.