Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Taichan Bang Gondrong Bogor
Abstract
Taichan Bang Gondrong merupakan salah satu usaha yang bersaing dalam
industri restoran. Perkembangan restoran di Kota Bogor yang semakin meningkat
mengakibatkan persaingan yang ketat antar tiap restoran. Cara yang dapat
dilakukan Taichan Bang Gondrong agar dapat mempertahankan konsumen yaitu
dengan memberikan produk dan pelayanan terbaik untuk konsumen. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis
kepuasan dan loyalitas konsumen Taichan Bang Gondrong Bogor. Jumlah
responden dalam penelitian ini adalah 94 responden. Metode pengolahan data
dalam penelitian ini menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI), Importance
Performance Analysis (IPA), dan piramida loyalitas. Berdasarkan hasil analisis
CSI, tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut Taichan Bang Gondrong adalah
sebesar 72.31 persen. Sedangkan hasil dari analisis piramida loyalitas masih
didominasi oleh Satisfied Buyer dan tingkat loyalitas konsumen masih belum dapat
dikatakan loyal karena piramida loyalitas belum membentuk segitiga terbalik.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]