dc.description.abstract | PT. Pos Indonesia merupakan salah satu BUMN yang bergerak di jasa pengiriman
barang di Kota Bogor, persaingan yang semakin ketat dalam jasa pelayanan pengiriman
barang menuntut para perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman harus mampu
memberikan nilai yang lebih dibandingkan dengan pesaingnya.aTujuan dari penelitian ini
adalah mengetahui karakteristik Pengguna jasa PT Pos Indonesia, mengetahui pesaingpesaing
terdekat PT POS INDONESIA (Persero) dan menganalisis Positioning PT POS
INDONESIA (Persero)berdasarkan persepsi konsumen. Analisis data yang digunakan
ialah Mutidimensional Scalling (MDS) Untuk membahas siapa pesaing terdekat PT Pos
Indonesia. Sedangkan untuk membentuk perceptual map pemetaan persepsi digunakan
analisis biplot. Karakteristik Pengguna jasa Pos Indonesia adalah target pasar yang paling
potensial adalah kelompok usia 26-35 tahun, yang mayoritas adalah wiraswasta, pesaing
terdekat Pos Indonesia adalah JNE dan TIKI, melalui analisis positioning, diketahui
bahwa ketiga jasa kiriman tersebut memiliki posisi berbeda menurut persepsi konsumen,
dimana Pos Indonesia diposisikan sebagai Jasa kiriman yang unggul dalam harga yang
terjangkau dan wilayah antar yang luas | id |