Analisis Kepuasan Konsumen untuk Meningkatkan Brand Image Brownies Singkong “BrownCo”.
Abstract
Salah satu jenis bisnis yang diminati yaitu subsektor makanan yang menjadi
salah satu alternatif yang baik dalam membangun suatu bisnis. Usaha menengah
mr.BrownCo yang melakukan substitusi bahan baku tepung singkong mampu
membuat merek baru ini bersaing dengan beberapa pesaing yang sebelumnya
sudah ada dalam industri brownies dan cake. Penelitian ini bertujuan mengetahui
kategori atribut pelayanan yang sesuai keinginan konsumen dan mengetahui
kategori respons teknis yang dapat perusahaan berikan untuk memenuhi atribut
pelayanan, serta merumuskan strategi untuk meningkatkan Brand Image. Kategori
atribut pelayanan dan respon teknis diidentifikasi melalui penyebaran kuesioner
dan dibobotkan melalui metode Quality Function Deployment (QFD). Strategi
peningkatan Brand Image dirumuskan melalui hasil Benchmarking dengan
memperhatikan hasil analisis QFD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
19 atribut pelayanan dan 15 atribut respon teknis. Atribut pelayanan yang paling
penting untuk diperhatikan adalah atribut halal sedangkan atribut respon teknis
yang harus diperhatikan adalah jaminan kualitas produk. Berdasarkan hasil
perumusan dan benchmarking, strategi untuk meningkatkan citra merek mr.
BrownCo diantaranya adalah membuat regulasi Standar Operasional Procedure,
Work Instruction, merancang regulasi pengawasan mutu, serta keamanan pangan.