Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen D’bestO Cabang Ciawi Bogor
Abstract
D’bestO Ciawi merupakan resto yang menyediakan produk utama yaitu
berupa ayam goreng. Semakin ketatnya persaingan dalam bidang usaha sejenis
berdampak pada jumlah pengunjung yang datang ke D’bestO Ciawi. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis proses pengambilan keputusan, kepuasan dan
loyalitas konsumen yang hasilnya berimplikasi pada bauran pemasaran D’bestO
Ciawi. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, Customer Satisfaction
Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), dan piramida loyalitas.
Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa proses keputusan pembelian pada
d’bestO Ciawi yaitu konsumen mendapatkan sumber informasi dari teman dengan
informasi penting yaitu cita rasa dan pengaruh dari sumber informasi tersebut
membuat konsumen terpengaruh untuk membeli. Hasil analisis CSI tingkat
kepuasan konsumen terhadap atribut kepentingan D’bestO Ciawi sebesar 78.6
persen. Berdasarkan piramida loyalitas sebesar 85 persen adalah Liking the brand.
Tingkat loyalitas konsumen belum baik karena pramida loyalitas belum
membentuk segitiga terbalik.
Collections
- UT - Agribusiness [4256]