Analisis Kepuasan Konsumen Rumah Makan Sambal Lalap di Bogor.
Abstract
Rumah Makan Sambal Lalap adalah salah satu rumah makan di Kota
Bogor dengan menu makanan tradisional yang mengedepankan menu utama ikan
lele dengan cita rasa yang khas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan karakterisitik konsumen, dan kepuasan konsumen yang akan
memberikan implikasi terhadap bauran pemasaran dari Rumah Makan Sambal
Lalap. Pengambilan data dilakukan pada bulan Maret 2017. Metode pengambilan
sampel menggunakan metode convenience sampling. Jumlah responden pada
penelitian sebanyak 112 orang. Metode yang digunakan adalah dengan
menggunakan analisis deskriptif, Importance Performance Analysis dan Customer
Satisfaction Index. Berdasarkan hasil perhitungan Customer Satisfaction Index
(CSI), indeks kepuasan konsumen Rumah Makan Sambal Lalap sebesar 71.42
persen dan dapat dikategorikan puas. Dari analisis Importance Performace
Analysis (IPA) pihak pengelola Rumah Makan Sambal Lalap perlu memperbaiki
kinerja beberapa atribut yaitu ketanggapan pramusaji, kenyaman suasana,
kebersihan ruangan, kebersihan toilet dan musholla. Tingkat kepuasan konsumen
Sambal Lalap yang berarti secara keseluruhan konsumen merasa puas terhadap
Rumah Makan Sambal Lalap.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]