Preferensi Konsumen dalam Pembelian Chicken Nugget (Studi Kasus Pengunjung di Giant Yasmin Bogor).
Abstract
Gaya hidup masyarakat perkotaan kini telah menyebabkan peralihan ke pola
konsumsi lebih praktis yang menyebabkan peningkatan permintaan terhadap
makanan cepat saji. Beragamnya jenis dan merk chicken nugget yang dijual di pasar
membuat konsumen memiliki pertimbangan dalam membeli produk yang sesuai
dengan selera dan kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
proses keputusan pembelian dan preferensi konsumen dalam pembelian chicken
nugget. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis konjoin yang
menghasilkan nilai kepentingan atribut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
atribut yang paling mempengaruhi konsumen berturut-turut adalah merk, rasa,
harga, tingkat kerenyahan dan aroma dengan Nilai Relatif Penting masing-masing
adalah 44.15%, 32.47%, 14.51%, 7.04%, and 1.83%. Sementara taraf masingmasing
atribut yang paling disukai adalah merk terkenal, rasa pedas, harga Rp20
000-Rp40 000, sangat renyah, dan aroma rempah dengan nilai utilitas berturut-turut
0.923, 0.436, 0.183, 0.104, and 0.03.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]