Analisis Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard di PT XYZ
View/ Open
Date
2017Author
Resikca, Andari
Hardjomidjojo, Hartrisari
Amiruddin, Julidar
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengukuran kinerja perusahaan menggunakan metode balanced scorecard diterapkan pada PT XYZ untuk melengkapi penilaian kinerja yang telah dilakukan oleh perusahaan. Metode balanced scorecard merupakan alat manajemen kinerja dengan prinsip menerjemahkan visi dan misi perusahaan ke dalam sasaran startegi yang terbagi dalam empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Metode balanced scorecard mampu memberikan gambaran kinerja perusahaan secara menyeluruh dan memudahkan mencari solusi yang dapat dilakukan perusahaan dalam memperbaiki kinerja. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menentukan persentase pencapaian masing-masing indikator tiap perspektif dan menentukan total skor kinerja perusahaan berdasarkan angka pencapaian setiap indikator pada masing-masing perspektif serta bobot kepentingannya. Persentase pencapaian diperoleh berdasarkan pencapaian indikator dalam mencapai target. Pencapaian perspektif keuangan merupakan pencapaian perspektif terbaik diantara ketiga perspektif lainnya. Total skor kinerja yang dihasilkan perusahaan dari bulan Januari hingga Juli 2017 memiliki rata-rata total skor 84.63, sehingga perusahaan termasuk kategori sangat sehat AA. Total skor kinerja bulanan menunjukan bahwa pada bulan Juni terjadi penurunan kinerja perusahaan menjadi kategori sangat sehat A. Penurunan total skor kinerja dapat ditangani dengan menjalankan inisiatif strategi yang telah dirumuskan sesuai dengan sasaran strateginya.