Analisis Strategi dan Model Pengembangan Bisnis Produk Kerajinan Kulit CV. Mitra Tani Farm Kabupaten Bogor.
Abstract
Seiring dengan era globalisasi saat ini, setiap industri perlu meningkatkan
daya saingnya untuk bertahan dalam persaingan, salah satunya ialah pada sub sektor
produk kerajinan kulit yang berada di dalam sektor industri pengolahan. MT Farm
merupakan perusahaan yang bergerak di sub sektor ini. Umur produk yang masih
di bawah satu tahun membuat analisis pengembangan bisnis perlu dilakukan agar
MT dapat bersaing. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi faktor internal
dan eksternal utama yang memengaruhi pengembangan bisnis; (2)
merekomendasikan strategi alternatif yang dapat diterapkan; serta (3) merumuskan
model pengembangan bisnisnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis
deskriptif dan analisis kuantitatif dengan matriks IFE, EFE, IE, SWOT, QSPM,
serta Model Bisnis Kanvas. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan faktor internal
dan eksternal utama yang telah diidentifikasi, diperoleh beberapa rekomendasi
strategi terbaik yang dapat diterapkan antara lain mengembangkan akses pasar
melalui media online, menambah inovasi dan diversifikasi pada produk, dan
meningkatkan pengendalian mutu pada produk.
Collections
- UT - Management [3459]