Pengaruh Materi Pendidikan Sekolah, Sumber Informasi, dan Sosialisasi Orang Tua dalam Pembentukan Konsumen Cerdas pada Siswa Sekolah Dasar.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh materi pendidikan sekolah, sumber informasi, dan sosialisasi orang tua dalam pembentukan konsumen cerdas pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dan melibatkan dua SD di wilayah perdesaan dan perkotaan Bogor. Lokasi penelitian dipilih secara purposive dengan pertimbangan sekolah tersebut menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dari pemerintah. Teknik penarikan contoh dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pada uang saku, variabel materi pendidikan sekolah tentang kewajiban konsumen, dan sumber informasi di wilayah perdesaan dan perkotaan. Selain itu, adanya pengaruh signifikan karakteristik wilayah, pengetahuan objektif tentang kewajiban konsumen, dan sosialisasi orang tua terhadap pembentukan konsumen cerdas pada siswa sekolah dasar.