Pengaruh Pengasuhan Spiritual dan Kualitas Lingkungan Sekolah terhadap Kecerdasan Spiritual Remaja
Abstract
Pengasuhan orang tua dan lingkungan sekolah memegang peran penting dalam
perkembangan kecerdasan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh pengasuhan spiritual dan kualitas lingkungan sekolah terhadap
kecerdasan spiritual pada remaja di sekolah berasrama dan tidak berasrama.
Penelitian ini melibatkan 120 responden yang terdiri atas 60 siswa dari sekolah
berasrama dan 60 siswa dari sekolah tidak berasrama. Pengasuhan spiritual diukur
menggunakan modifikasi dari instrumen Pola Asuh Spiritual. Kualitas lingkungan
sekolah diukur dengan mengadaptasi instrumen Kualitas Lingkungan Sekolah.
Kecerdasan spiritual remaja diukur menggunakan The Spiritual Intelligence Self-
Report Inventory-24. Hasil menunjukkan bahwa pengasuhan spiritual dan kualitas
lingkungan sekolah pada remaja di sekolah berasrama menunjukkan performa lebih
baik daripada remaja di sekolah tidak berasrama. Terdapat hubungan positif
signifikan antara pengasuhan spiritual dan kualitas lingkungan sekolah dengan
kecerdasan spiritual remaja. Kecerdasan spiritual remaja dipengaruhi oleh jenis
kelamin dan kualitas lingkungan sekolah. Remaja laki-laki memiliki kecerdasan
spiritual yang lebih tinggi dibandingkan remaja perempuan.