dc.contributor.advisor | Yuliati, Lilik Noor | |
dc.contributor.author | Silvananingsih, Gina | |
dc.date.accessioned | 2018-01-11T07:45:39Z | |
dc.date.available | 2018-01-11T07:45:39Z | |
dc.date.issued | 2017 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/88944 | |
dc.description.abstract | Pendidikan konsumen mengembangkan kesadaran atas hak dan tanggung
jawab sebagai konsumen yang kemudian memengaruhi keputusan konsumen dan
implikasi yang lebih luas dari keputusan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kesadaran materi pendidikan konsumen, sumber informasi,
dan motivasi belanja terhadap perilaku sebagai konsumen cerdas pada siswa SMP.
Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study, metode pengumpulan
data survei, serta pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Contoh dalam
penelitian berjumlah 125 siswa SMP negeri kelas 9 yang terdiri atas 62 siswa di
perkotaan dan 63 siswa di perdesaan Bogor. Teknik penarikan contoh yang
digunakan adalah teknik cluster random sampling. Pengambilan contoh dilakukan
secara purposive dengan pertimbangan bahwa sekolah tersebut menggunakan
Kurikulum KTSP dengan bahan ajar BSE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh signifikan jenis kelamin, pengetahuan objektif tentang
kewajiban konsumen, sumber informasi, dan motivasi belanja utilitarian terhadap
perilaku sebagai konsumen cerdas. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | Bogor Agricultural University (IPB) | id |
dc.subject.ddc | Family Sciences | id |
dc.subject.ddc | Motivation | id |
dc.subject.ddc | 2017 | id |
dc.subject.ddc | Bogor, Jawa Barat | id |
dc.title | Pengaruh Kesadaran Materi Pendidikan Konsumen, Sumber Informasi, dan Motivasi Belanja terhadap Perilaku sebagai Konsumen Cerdas pada Remaja. | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | motivasi belanja | id |
dc.subject.keyword | pendidikan konsumen | id |
dc.subject.keyword | pengetahuan objektif | id |
dc.subject.keyword | perilaku sebagai konsumen cerdas | id |