Strategi Promosi Produk Asuransi Perjalanan pada PT XYZ.
Abstract
Penerbangan internasional di Indonesia mengalami peningkatan setiap
tahun. Seiring peningkatan tersebut, mampu memungkinkan adanya risiko yang
dapat terjadi selama perjalanan. Sehingga, dibutuhkan suatu produk asuransi
perjalanan. PT XYZ salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia yang
menawarkan produk asuransi perjalanan. Perusahaan memerlukan strategi
promosi yang tepat dalam menginformasikan produknya. Oleh karena itu, tujuan
dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bauran promosi produk asuransi
perjalanan yang digunakan oleh PT XYZ. (2) Mengidentifikasi faktor-faktor
internal dan eksternal yang berpengaruh pada strategi promosi produk asuransi
perjalanan PT XYZ. (3) Merumuskan alternatif strategi promosi produk asuransi
perjalanan yang paling tepat untuk dilakukan PT XYZ. Analisis data
menggunakan matriks IE, SWOT dan metode Analytical Network Process (ANP).
Hasil analisis matriks IE menunjukkan bahwa perusahaan memiliki internal yang
sedang dan eksternal kuat. Pada pengolahan ANP, urutan faktor yang menjadi
prioritas utama adalah teknologi, anggaran promosi, pasar/PLC, dan SDM.
Alternatif strategi yang menjadi prioritas utama adalah melakukan visual
marketing, salah satunya dengan membuat video marketing dengan bobot 0.280.
Collections
- UT - Management [3459]