dc.description.abstract | Peningkatan jumlah perusahaan asuransi syariah berdampak pada tingkat
persaingan yang tinggi. SDM adalah sumber daya perusahaan yang berperan
penting dalam kemajuan perusahaan. Oleh karena itu, meningkatkan kemampuan
kerja SDM adalah hal penting untuk meningkatkan kinerja organisasi. Upaya
meningkatkan kinerja SDM dapat dilakukan melalui pelatihan yang sesuai dengan
kebutuhan SDM, yaitu dengan terlebih dahulu melakukan analisis kebutuhan
pelatihan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tugas dan tanggung jawab
setiap divisi, merumuskan kebutuhan pelatihan, dan menyampaikan rekomendasi
pelatihan dari setiap divisi pada Direktorat Operasional Kantor Pusat PT Asuransi
Takaful Umum. Penelitian ini menggunakan metode Training Need Assesment
Tool (TNA-T). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa divisi Customer solution
membutuhkan pelatihan dalam meningkatkan support team, pelayanan dan
komunikasi internal dan eksternal, divisi Information Technology membutuhkan
pelatihan terkait DRC, dan divisi Policy Services membutuhkan pelatihan input
polis, distribusi polis, pengecekan polis, dan validasi data. | id |