Aplikasi Mobile untuk Pengukuran Emosi Pelanggan Terhadap Kesukaan Produk Teh Siap Minum
View/ Open
Date
2016Author
Fajri, Rino Aprilianto
Suparno, Ono
Djatna, Taufik
Metadata
Show full item recordAbstract
Emosi immediate pelanggan dialami pada saat pengambilan keputusan.
Jenis emosi ini memiliki peran yang dominan dalam menentukan keputusan pembelian
pelanggan, terutama untuk produk minuman teh siap minum. Sebuah
aplikasi mobile berbasis Android telah dikembangkan untuk mengukur jenis
emosi ini melalui pengenalan raut wajah. Aplikasi ini memproses video digital
sebagai masukan dan mengenali ekspresi yang terdapat padanya secara real time.
Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Java dan dibantu dengan Open
CV library untuk proses deteksi wajah dan Affdex-SDK untuk proses pengenalan
emosi masukkan. Aplikasi ini sukses diuji untuk mengukur emosi pelanggan
minuman teh siap minum dengan enam emosi yang digunakan, yaitu kegembiraan,
kejijikan, kehinaan, kemarahan, valence, dan engagement. Hasil pengujian
menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat digunakan untuk mengukur emosi
immediate pelanggan dengan akurat untuk memprediksi preferensi pelanggan.
Metode relief digunakan untuk mengetahui emosi mana yang paling berpengaruh
terhadap preferensi pelanggan. Hasilnya mengindikasikan bahwa emosi
kegembiraan adalah yang paling mempengaruhi preferensi pelanggan, diikuti
dengan valence dan engagement secara berurutan. Aplikasi mobile yang dibuat
dapat digunakan oleh industri minuman teh siap minum untuk menjawab
permasalahan manajemen hubungan pelanggan seperti loyalitas dan akuisisi
pelanggan.