Analisis Model Bisnis Pia Apple Pie Bogor
Abstract
Pia Apple Pie merupakan salah satu usaha pangan di bidang restoran yang
memproduksi kue pie sebagai menu utamanya. Produk Pia Apple Pie menjadi
salah satu oleh-oleh khas Kota Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi model bisnis yang dijalankan saat ini, mengevaluasi model
bisnis tersebut, dan menciptakan prototipe model bisnis yang baru. Metode
analisis yang digunakan adalah kanvas model bisnis dan SWOT. Hasil penelitian
menghasilkan tiga alternatif prototipe model bisnis untuk mengembangkan usaha
Pia Apple Pie. Prototipe model bisnis yang pertama mengenai pembuatan label
halal untuk produk Pia Apple Pie. Prototipe yang kedua mengenai pengembangan
sistem pemasaran online dan prototipe yang ketiga mengenai penambahan arus
pendapatan. Prototipe model bisnis yang disarankan untuk dilaksanakan adalah
prototipe pemasaran online Pia Apple Pie yaitu menjalin kerja sama dengan jasa
pengiriman online dan membuat sistem pemasaran online melalui website resmi
Pia Apple Pie Team.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]