Desain Sistem Penggunaan Kombinasi Bahan Bakar (Solar - LPG) dan Pengukuran Kinerjanya untuk Motor Bakar Diesel
Abstract
Liquid Petroleum Gas (LPG) merupakan salah satu bahan bakar gas yang
dapat digunakan sebagai bahan bakar pada motor diesel dengan cara
mengkombinasikannya dengan bahan bakar solar. Penelitian ini bertujuan untuk
mendesain sistem penggunaan kombinasi bahan bakar (solar - LPG) dari variasi
pembukaan katup pada regulator, serta menganalisis kelayakan penggunaan
kombinasi solar – LPG sebagai bahan bakar motor diesel dengan perbandingan
harga antara hanya menggunakan solar dengan kombinasi solar – LPG. Hasil
penelitian menyatakan bahwa penggunaan bahan bakar LPG berdasar bukaan katup
pada regulator dapat dilakukan mulai pada bukaan 20%, 25%, 30%, 35%, hingga
40%. Pengujian konsumsi bahan bakar menggunakan LPG dapat menghemat bahan
bakar solar sebesar 0.7 liter/jam (tanpa beban) dan 1.14 liter/jam (menggunakan
beban). Kecepatan motor yang dihasilkanpun meningkat hingga 300 rpm. Hasil dari
kontur simulasi CFD menunjukan percampuran LPG yang paling baik dan merata
terjadi pada bukaan 30% dengan hasil rata-rata campuran 0.064. Dari sisi ekonomi
penggunaan kombinasi bahan bakar (solar – LPG) tidak direkomendasikan pada
daerah yang dekat dengan area SPBU dikarenakan lebih mahal. Namun,
penggunaan kombinasi bahan bakar ini sangat direkomendasikan pada remote
areas di Indonesia yang menghasilkan total biaya konsumsi bahan bakar yang lebih
murah.