Pengaruh Pengetahuan dan Etnosentrisme Terhadap Kesiapan Konsumen Menghadapi Dampak Mea di Bidang Pangan
Abstract
Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) merupakan satu dari tiga pilar Komunitas ASEAN. MEA tidak hanya memberikan dampak positif, tetapi juga dampak negatif juga sejak diberlakukannya pada akhir tahun 2015 lalu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengidentifikasi pengetahuan tentang undang-undang dan lembaga perlindungan konsumen, pengetahuan tentang produk pangan, pengetahuan tentang MEA, etnosentrisme, dan kesiapan ibu rumahtangga menghadapi dampak MEA; 2) menganalisis pengaruh pengetahuan tentang undang-undang dan lembaga perlindungan konsumen, pengetahuan tentang produk pangan, pengetahuan tentang MEA, dan etnosentrisme terhadap kesiapan ibu rumahtangga menghadapi dampak MEA. Penelitian ini menggunakan metode survei dan melibatkan 250 ibu rumahtangga di Kota Bogor. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensia menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin baik pengetahuan undang-undang dan lembaga perlindungan konsumen, semakin baik pengetahuan tentang produk pangan, dan semakin tinggi etnosentrisme, maka ibu rumahtangga juga akan semakin siap dalam menghadapi dampak MEA.