dc.description.abstract | Indonesia merupakan sebuah negara dengan mayoritas populasi penduduk
muslim yang terus meningkat. Hal ini menyebabkan semakin meningkatnya
kebutuhan akan pangan halal. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)
mengidentifikasi tingkat pengetahuan, kesadaran, dan perilaku pembelian pangan
halal; dan 2) menganalisis pengaruh pengetahuan dan kesadaran terhadap perilaku
pembelian pangan halal. Lokasi penelitian terdapat di Kelurahan Pasir Jaya dan
Kelurahan Kedung Badak, Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode
survey dengan melibatkan 250 ibu rumah tangga yang dipilih secara proportional
random sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan
analisis faktor. Hasil menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan konsumen baik
dan tingkat kesadaran konsumen sedang, sedangkan perilaku pembelian pangan
halal rendah. Semakin tinggi tingkat pendidikan, kesadaran dan pengeluaran akan
meningkatkan perilaku pembelian pangan halal. | id |