Perilaku Pembelian Produk Kemasan Plastik Berdasarkan Ukuran dan Dampaknya terhadap Pengeluaran Keluarga di Perdesaan dan Perkotaan
Abstract
Saat ini hampir semua produk kebutuhan sehari-hari dikemas dalam
bentuk kemasan plastik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku
pembelian produk kemasan plastik berdasarkan ukuran terhadap pengeluaran
keluarga di perdesaan dan perkotaan. Contoh penelitian ini adalah 150 keluarga
yang terdiri dari 75 keluarga di daerah perdesaan dan 75 keluarga di daerah
perkotaan yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan sebagian
keluarga di perdesaan cenderung membeli produk-produk kemasan plastik ukuran
kecil, sedangkan keluarga di perkotaan kurang dari separuhnya membeli ukuran
kecil. Keluarga akan lebih hemat membeli kecap, kopi, sabun cuci, dan shampo
dengan ukuran kecil, sedangkan untuk saus sambal, minyak goreng, dan penyedap
rasa berlaku sebaliknya. Hasil analisis regresi logistik menunjukkan pendapatan
per kapita, lama pendidikan istri, dan lokasi tempat tinggal berpengaruh terhadap
perilaku pembelian produk kemasan plastik. Hasil analisis regresi linier berganda
menunjukkan adanya pengaruh perilaku pembelian produk kemasan plastik
terhadap pengeluaran keluarga.