Kepuasan Peserta Non Penerima Bantuan Iuran (N-PBI) terhadap Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kota Bogor
View/ Open
Date
2016Author
Majasoka, Lyra
Djamaludin, Mohammad Djemdjem
Metadata
Show full item recordAbstract
Kepuasan merupakan suatu hal yang penting untuk mengevaluasi
penggunaan suatu jasa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kepuasan
peserta Non Penerima Bantuan Iuran (N-PBI) terhadap pelayanan program
Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kota Bogor. Populasi dari penelitian ini
seluruh peserta Non Penerima Bantuan Iuran (N-PBI) di Bogor, contoh penelitian
ini terdiri dari 100 responden. Pengumpulan data menggunakan metode survey.
Tingkat kepuasan dianalisis menggunakan metode Sevice Quality (SERVQUAL)
dan Importance-Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat hubungan diantara tingkat pendidikan, jenis pelayanan kesehatan,
harapan, dan kinerja dengan kepuasan keseluruhan. Terdapat hubungan negatif
signifikan yang ditemukan antara tingkat pendidikan dengan kepuasan
keseluruhan.