Interaksi Keluarga dan Kecerdasan Emosional Anak Usia Sekolah di Wilayah Miskin Perkotaan
Abstract
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan anak dalam mengekspresikan emosinya dengan tepat. Emosi berperan penting dalam kehidupan anak karena melalui emosi seseorang mengetahui apa yang dirasakan dirinya dan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik anak dan keluarga, interaksi anak dengan orang tua serta saudara kandung terhadap kecerdasan emosional anak usia sekolah. Desain penelitian ini menggunakan cross-sectional study dengan metode proportional random sampling. Contoh dalam penelitian ini yaitu 100 anak dan ibu di wilayah miskin perkotaan yaitu di Kelurahan Empang dan Kelurahan Tegal Lega, Kota Bogor. Data dikumpulkan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara usia ibu dengan interaksi orang tua dan anak. Lama pendidikan ibu dan interaksi saudara kandung berhubungan signifikan dengan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional anak usia sekolah di wilayah miskin perkotaan dipengaruhi oleh lama pendidikan ibu dan interaksi saudara kandung.