Analisis Pemasaran Jeruk Siam di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali
View/ Open
Date
2016Author
Putri, Ni Putu Dinda Wied Natacha
Asmarantaka, Ratna Winandi
Metadata
Show full item recordAbstract
Jeruk siam merupakan tanaman hortikultura yang menjadi komoditas
unggulan nasional yang mendominasi 60 persen pasaran jeruk di Indonesia. Harga
jeruk siam cenderung berfluktuatif dan memiliki marjin pemasaran yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran dan tingkat efisiensi
pemasaran serta merekomendasikan alternatif pemasaran. Metode pengumpulan
data menggunakan purposive sampling untuk petani dan snowball sampling untuk
lembaga pemasaran. Hasil analisis menunjukkan saluran pemasaran yang relatif
efisien pada periode panen raya adalah saluran 1 (petani-distributor Jakarta),
saluran 2 (petani-penebas-distributor Surabaya), dan saluran 7 (petani-pedagang
antar pulau-distributor Jakarta), sedangkan pada periode panen sela adalah saluran
3 (petani-pengecer-konsumen) dan saluran 9 (petani-pedagang pengumpul
kecamatan-pedagang antar pulau-distributor Jakarta). Indikator efisiensi
pemasaran adalah marjin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan terhadap
biaya, daya serap komoditas, fungsi-fungsi pemasaran, perilaku pasar, serta
hubungan kelembagaan. Manajemen pemasaran dirumuskan dengan
mengoptimalkan subsistem-subsistem dalam agibisnis.
Collections
- UT - Agribusiness [4256]