Analisis Pengaruh MPR (Marketing Public Relations) terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel di Bogor.
Abstract
Dalam menghadapi persaingan bisnis hotel di Bogor saat ini, pihak Hotel perlu
melakukan kegaitan promosi diantaranya yaitu Marketing Public Relations.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) menganalisis pengaruh variabel Marketing
Public Relations terhadap kepuasan pelanggan 2) menganalisis pengaruh variabel
Marketing Public Relations terhadap loyalitas pelanggan 3) menganalisis
pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan 4) menganalisis
perbedaan variabel MPR, kepuasan dan loyalitas pelanggan ketiga Hotel. Metode
penarikan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik convenience
sampling dengan jumlah sampel 150 responden dan data diolah menggunakan
analisis SEM LISREL dan uji Beda (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat dua variabel yang berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan
yaitu variabel kegiatan sosial dan media identitas, variabel MPR kegiatan sosial
dan media identitas berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas
pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan,
serta terdapat perbedaan variabel MPR yaitu events, kegiatan sosial dan media
identitas, kepuasan dan loyalitas pelanggan diantara ketiga Hotel.
Collections
- UT - Management [3442]