Strategi Penyediaan Bahan Baku dan Pemasaran Coconut Jerky dengan Metode Fuzzy AHP.
Abstract
Coconut Jerky merupakan salah satu produk pangan alternatif yang terbuat
dari daging kelapa muda. Proses utama dalam pembuatan produk Coconut Jerky
adalah marinasi dan rehidrasi daging kelapa muda. Adanya potensi bahan baku
kelapa muda membuat adanya peluang untuk mengembangkan produk Coconut
Jerky di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi
penyediaan bahan baku kelapa muda agar bahan baku untuk produk Coconut Jerky
dapat tercukupi secara tepat jumlah, tepat waktu, tepat mutu serta kontinuitasnya,
serta menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produk
Coconut Jerky di Indonesia. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri
dari data primer yang diperoleh dari hasil kuisioner yang diberikan kepada para
pakar. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka. Penelitian ini menggunakan
model fuzzy AHP (Analiytical Hierarchy Process) sebagai alat analisis dengan
pembobotan non additive. Berdasarkan hasil pembobotan dengan fuzzy AHP dapat
diketahui bahwa alternatif penyediaan bahan baku yang paling diprioritaskan
adalah dengan membeli kelapa cungkil dengan total bobot 0,4716. Alternatif
strategi pemasaran yang diprioritaskan adalah melakukan distribusi kemitraan
dengan total bobot 0,4418.