Pengaruh Lingkungan Sekolah, Kecerdasan Sosial, Dan Self-Esteem Terhadap Prestasi Akademik Remaja Di Wilayah Perdesaan.
Abstract
Pencapaian remaja untuk meraih prestasi akademik merupakan hasil dari interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik remaja, karakteristik keluarga, lingkungan sekolah, kecerdasan sosial dan self-esteem terhadap prestasi akademik remaja di wilayah perdesaan. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study. Responden dalam penelitian ini berjumlah 150 siswa SMA di wilayah Kabupaten Bogor. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive dan penarikan contoh dilakukan dengan cara proportional random sampling. Hasil uji regresi menunjukan bahwa kecerdasan sosial dan self-esteem tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik. Jenis kelamin dan lingkungan sekolah ditemukan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap prestasi akademik. Sebalikmya, pendapatan per kapita keluarga mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap prestasi akademik remaja perdesaan.