Perilaku Komplain Konsumen Generasi Y Pada Belanja Online
Abstract
Perilaku belanja online merupakan metode belanja yang paling diminati
masyarakat modern, khususnya Generasi Y yang selalu terhubung dengan internet
dan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Selain memberikan kemudahan,
belanja online juga berpotensi merugikan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah
menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku belanja online dan
perilaku komplain pada konsumen Generasi Y. Penelitian ini melibatkan 100
mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor yang dipilih menggunakan teknik
snowball. Data dikumpulkan melalui self report menggunakan kuesioner dan
wawancara mendalam. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah uji
regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan uang saku per bulan dan
sikap terhadap belanja online berpengaruh secara nyata terhadap frekuensi belanja
online. Perilaku komplain dipengaruhi secara nyata oleh jenis kelamin, gaya hidup
strivers, dan jumlah akun media sosial.