Efektivitas Promosi Produk Organik “Bee Organic Food” Melalui Media Sosial Instagram
Abstract
Instagram merupakan salah satu media promosi yang digunakan oleh usaha
“Bee Organic Food” yang menjual beragam jenis makanan organik. Tujuan
penelitian ini adalah menganalisis efektivitas promosi produk organik “Bee
Organic Food” melalui instagram, dan menganalisis faktor-faktor yang
berhubungan dengan efektivitas promosi (AIDA). Penelitian ini menggunakan
metode survei dengan menggunakan data kuantitatif berupa kuesioner online yang
didukung oleh data kualitatif berupa wawancara dengan pemilik usaha sebagai
informan. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 70 responden. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa instagram efektif dalam menstimulsi perhatian,
dan meningkatkan ketertarikan responden. Instagram pun cukup efektif (kategori
sedang) dalam memunculkan keinginan hingga mendorong responden untuk
membeli produk. Faktor yang berhubungan dengan efektivitas promosi melalui
tahapan attention, interest, desire, dan action yaitu perilaku penggunaan media
sosial, dan aktivitas promosi yang dilakukan melalui instagram @beeorganicfood.