Pengaruh Penciptaan Pengetahuan Terhadap Inovasi Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Cluster Kuliner Kota Bogor
Abstract
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) kuliner merupakan salah satu usaha yang kegiatan produksinya menghasilkan produk yang inovatif. Penciptaan pengetahuan dan inovasi mempunyai peranan penting terhadap peningkatan produktivitas UKM cluster kuliner. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi sumber-sumber inovasi yang diperoleh UKM Cluster Kuliner di Bogor 2) Mengidentifikasi permasalahan dalam UKM cluster kuliner di Bogor 3) Menganalisis pengaruh penciptaan pengetahuan terhadap inovasi UKM cluster kuliner di Bogor. Pada penelitian ini menggunakan teknik pemilihan sampel convenience sampling dengan responden dari 18 UKM. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan diagram ishikawa untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh UKM, dan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menganalisis pengaruh proses penciptaan pengetahuan terhadap inovasi UKM. Hasil analisis menunjukkan masih terdapat karyawan yang kurang berpengalaman sehingga kurangnya keterampilan dan kesigapan, serta tingkat turn over yang tinggi. Pengaruh proses penciptaan pengetahuan terhadap inovasi UKM menunjukkan bahwa penciptaan pengetahuan yang didapatkan oleh UKM Kuliner Kota Bogor berasal dari sumber eksternalisasi, sumber inovasi dari internal, pemecahan masalah yang dilakukan secara konsensus, dan bentuk inovasi yang dilakukan oleh UKM Kuliner Kota Bogor adalah inovasi pada proses. Sementara itu hasil analisis menunjukkan proses penciptaan pengetahuan tidak memiliki pengaruh terhadap bentuk inovasi pada UKM kuliner Kota Bogor.
Collections
- UT - Management [3624]
