Optimisasi Laba Melalui Keputusan Manajerial Strategis Berbasis Cost Volume Profit Analysis Pada Bogor Laundry
Abstract
Analisis CVP menggambarkan kondisi keuangan perusahaan dengan baik. Sejak tahun 2010, Bogor Laundry menghadapi masalah keuangan diantaranya adalah belum mengetahui cara mengoptimalkan laba secara tepat. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi biaya, mengetahui pertumbuhan bisnis, menerapkan analisis CVP dan menyusun alternatif strategi pada Bogor Laundry. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara serta mempelajari berbagai literatur. Data yang diperoleh diolah dan dianalisa menggunakan analisis CVP dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bogor Laundry mengalami peningkatan dalam penjualan, biaya dan BEP, tetapi laba yang diperoleh berfluktuatif. Laba tertinggi diperoleh pada periode caturwulan ketiga tahun 2013 saat penjualan lebih tinggi dari BEP. Setelah dilakukan analisis SWOT diperoleh empat alternatif strategi yang mana berdasarkan hasil QSPM dan analisa CVP, alternatif strategi terbaik bagi Bogor Laundry adalah menambah jam operasional, mengendalikan biaya dan mengoptimalkan target laba melalui kombinasi biaya, harga dan volume penjualan.
Collections
- UT - Management [3354]