. Pengaruh Gambar Peringatan Merokok Pada Desain Kemasan Rokok Terhadap Sikap Konsumen (Kasus Mahasiswa Kampus X)
Abstract
Permasalahan konsumsi rokok oleh mayoritas masyarakat di Indonesia menjadi fenomena tersendiri yang sulit dihentikan. Upaya pemerintah dalam meningkatkan penyadaran bagi perokok dengan mengharuskan pencantuman adanya gambar peringatan merokok pada kemasan rokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan gambar peringatan merokok pada desain kemasan rokok, menganalisis pengaruh karakteristik konsumen dengan sikap konsumen dan menganalisis pengaruh gambar peringatan merokok pada desain rokok terhadap sikap konsumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan accidental sampling. Analis data menggunakan uji regresi untuk melihat pengaruh gambar peringatan merokok terhadap sikap konsumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik konsumen tidak memiliki pengaruh terhadap sikap konsumen. Gambar peringatan merokok pada desain kemasan memiliki pengaruh terhadap sikap konsumen rokok.