Pengaruh Sertifikat Halal Terhadap Peningkatan Penjualan Umkm Jasaboga Kota Bogor
View/ Open
Date
2015Author
Arrezia, Nadya
Findi, Muhammad
Ayyubi., Salahudin El
Metadata
Show full item recordAbstract
Jasaboga (katering) adalah salahsatu UMKM produk jasa yang rentan
menggunakan bahan yang haram. Dari 89 unit hanya 42 UMKM jasaboga di Kota
Bogor yang memiliki sertifikat halal (LPPOM MUI 2015) .Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi produsen jasaboga
untuk memiliki sertifikat halal LPPOM MUI dan menganalisis pengaruh
kepemilikan sertifikat halal pada penjualan jasaboga (katering) di Kota Bogor.
Hasil penelitian dengan metode analisis regresi logistik menunjukkan, terdapat
tiga variabel yang signifikan yaitu motivasi pencantuman label, organisasi dan
aksesibilitas sedangkan pada hasil Wilcoxon rank sum test memperlihatkan
Asymp. Sig. (2-tailed) dengan nilai sebesar 0,027 dan nilai Z hitung (-2.206 ) < Z
tabel (1,96) Maka, keputusan dari hasil uji adalah menolak Ho dan menerima Ha
yang artinya terbukti ada perbedaan yang berarti pada omset UMKM jasaboga
sebelum dan setelah memiliki sertifikat halal LPPOM MUI.