Penerapan Entrepreneurial Marketing Terhadap Pengembangan Dan Keberlanjutan Usaha Industri Rumahan Di Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal
Abstract
UMKM seperti usaha industri kecil penting dalam mendorong peningkatan
ekonomi Negara. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi karakteristik pelaku
usaha dan profil usaha industri kecil, mengetahui pencapaian entrepreneurial
marketing, pengembangan usaha dan keberlanjutan usaha industri kecil serta
menganalisis pengaruh penerapan entrepreneurial marketing pada pengembangan
dan keberlanjutan usaha industri kecil. Penelitian ini menggunakan teknik sensus,
data sekunder diperoleh dari penelitian KPPPA dengan PKGA LPPM IPB
sedangkan data primer diperoleh dari indepth interview dan pengamatan langsung.
Pengolahan data menggunakan metode Analisis Transformasi Indek dan
Structural Equation Modeling (SEM) melalui pendekatan Partial Least Squares
(PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pencapaian
entrepreneurial marketing cukup tinggi, pengembangan usaha sebagian besar
pelaku usaha masih mengalami kesulitan namun keberlanjutan usaha tetap
berjalan baik serta penerapan entrepreneurial marketing terhadap pengembangan
dan keberlanjutan usaha industri kecil memiliki pengaruh positif.
Collections
- UT - Management [3442]