Kajian Entrepreneurial Marketing Untuk Pengembangan Dan Keberlanjutan Usaha Industri Rumahan Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal
Abstract
Industri rumahan merupakan industri padat karya yang berhasil menghasilkan berbagai produk serta menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Pengembangan entrepreneurial marketing dirasa sesuai dengan industri rumahan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi karakteristik pelaku usaha dan profil usaha industri rumahan, (2) menganalisis pencapaian entrepreneurial marketing, pengembangan usaha, dan keberlanjutan usaha, serta (3) menganalisis pengaruh entrepreneurial marketing terhadap pengembangan dan keberlanjutan usaha industri rumahan di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, transformasi indeks, dan Structural Equation Modeling (SEM) melalui pendekatan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik pelaku usaha memiliki tingkat pendidikan yang rendah namun berada pada usia produktif, kemampuan entrepreneurial marketing, pengembangan usaha, dan keberlanjutan usaha termasuk pada tingkat yang cukup tinggi, entrepreneurial marketing berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan usaha sebesar 53,7%.
Collections
- UT - Management [3443]