Efektivitas Promosi Produk Ayam Suwir “Si Kentung” Melalui Twitter
Abstract
Promosi merupakan cara yang digunakan perusahaan untuk menginformasikan produk sehingga dapat memengaruhi terjadinya pembelian. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis aktivitas dan efektivitas promosi produk Ayam Suwir “Si Kentung” melalui Twitter, dilihat dari perubahan sikap sasaran dengan tahap perhatian (attention), ketertarikan (interest), keinginan (desire), dan tindakan (action). Penelitian menggunakan metode survei dengan didukung oleh data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial Twitter efektif dalam menstimulasi perhatian, meningkatkan pengetahuan responden akan produk yang dipasarkan, dan mengubah sikap responden dari tahap ketertarikan (interest) ke tahap keinginan (desire). Selain itu, adanya hubungan antara aktivitas promosi yang dilakukan melalui Twitter dengan efektivitas promosi melalui tahapan perhatian (attention), ketertarikan (interest), keinginan (desire), dan tindakan (action).