dc.description.abstract | Perkembangan dewasa ini menunjukan makin cepatnya perubahan dalam segala bidang kehidupan, akibat dari efek globalisasi serta perkembangan teknologi informasi yang sangat akseleratif. Untuk tetap dapat bertahan dalam persaingan berbasis pengetahuan, setiap organisasi harus mampu menganalisis elemen-elemen lingkungan untuk mendeteksi, memonitor, menganalisa perubahan yang dapat menciptakan kesempatan maupun ancaman bagi organisasi. Penelitian ini bertujuan 1) Mengidentifikasi penerapan manajemen pengetahuan pada Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan, 2) Menganalisis kesiapan Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menjadi organisasi pembelajar, 3) Memetakan kualitas pengetahuan dan kesiapan organisasi dalam menerapkan manajemen pengetahuan pada Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling (Umar 2003). Dalam pengambilan sampel ini, sampel yang diambil secara acak ini merupakan suatu metode pemilihan ukuran sampel dimana setiap anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih dengan jumlah yang proposional terhadap jumlah karyawan yang ada di setiap bagian total sampel yang ditentukan. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kanonikal, Importance Performance Analysis (IPA) dan Analisis Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Pusdiklat A&P telah memiliki dasar yang baik untuk menjadi organisasi pembelajar dengan nilai komponen kualitas pembelajaran organisasi sebesar 79, telah memiliki proses-proses pengelolaan pengetahuan yang baik dengan nilai komponen proses pengelolaan pengetahuan sebesar 49, dan hasil perhitungan korelasi antara kualitas pembelajaran organisasi dan proses pengelolaan pengetahuan didapatkan hasil p-value sebesar 0,0077 dimana kurang dari 0,05 yang berarti tolak Ho dan dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi kanonik yang cukup besar yaitu dengan nilai r sebesar 0,708008. Dengan menggunakan Importance Performance Analysis menghasilkan data mayoritas responden telah memiliki kualitas pengetahuan dan kesiapan penerapan manajemen pengetahuan yang tinggi | en |