Analisis strategi bauran pemasaran btn prima pada pt bank tabungan negara (persero), tbk cabang bogor
Abstract
Menabung di bank merupakan pilihan yang paling tepat dalam menginvestasikan dana. Beragam jenis produk simpanan ditawarkan oleh perbankan di Indonesia. Melihat geliat masyarakat yang masih tinggi untuk menabung ini, maka pihak perbankan pun tidak mau melepaskan kesempatan untuk terus aktif dalam menggaet nasabah-nasabah baru dengan tetap mempertahankan nasabah excisting. Salah satu bank yang turut bermain dan aktif memasarkan produk dana ialah PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk., atau lebih sering disebut Bank BTN. Beragam upaya dilakukan dengan gencar untuk mempromosikan bahwa Bank BTN tidak hanya bisa membiayai perumahan, namun juga memiliki produk tabungan BTN Prima yang diharapkan dapat memenuhi keinginan masyarakat yang ingin berinvestasi dengan aman dan terpercaya dimana suku bunganya tinggi dan kompetitif. BTN Prima merupakan salah satu produk dana unggulan dari Bank BTN yang diharapkan mampu mempertahankan serta mendongkrak jumlah nasabah yang berpengaruh terhadap kemajuan Bank BTN. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal apakah yang mempengaruhi Bank BTN Cabang Bogor terhadap produk tabungan BTN Prima. (2) Mengevaluasi tingkat keberhasilan strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh Bank BTN Cabang Bogor dalam meningkatkan pertumbuhan penjualan BTN Prima. (3) Mengetahui strategi bauran pemasaran BTN Prima yang sesuai bagi Bank BTN untuk dapat bersaing dengan bank-bank lainnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan Kepala Retail Funding Service Unit (RFSU) PT Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Bogor dan pihak staf RFSU serta observasi langsung dengan menyebar kuesioner. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari studi pustaka, buku-buku, internet, skripsi-skripsi terdahulu yang berada diperpustakaan IPB. Perolehan alternatif strategi didapatkan dari matriks SWOT dan untuk memilih strategi yang terbaik dengan Quantitative Strategic Palnning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil analisis matriks IFE dan EFE, diketahui bahwa kekuatan yang utama yang dimiliki Bank BTN Cabang Bogor adalah Tabungan BTN Prima memiliki suku bunga yang kompetitif sedangkan kelemahannya ialah pelayanan dari petugas bank yang kurang konsisten. Peluang utama bagi Bank BTN Cabang Bogor tingginya tingkat populasi yang ingin berinvestasi, sedangkan ancaman yang dihadapi adalah semakin gencarnya promosi dan inovasi dari pesaing. Berdasarkan QSPM diperoleh alternatif strategi pemasaran yang tepat adalah market penetration strategy.
Collections
- UT - Management [3459]