Show simple item record

dc.contributor.advisorPurwanto, Yusri
dc.contributor.authorChaeroniza, Yusri
dc.date.accessioned2014-12-29T02:29:09Z
dc.date.available2014-12-29T02:29:09Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72575
dc.description.abstractPerkembangan IPTEK di bidang kesehatan dan persaingan yang semakin tinggi menyebabkan rumah sakit di kota Bogor harus mempertahanakan keberadaanya. RS Bogor Medical Center sebagai salah satu rumah sakit di kota Bogor juga turut berjuang menghadapi persaingan ini, aspek yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah aspek finansial dan aspek non finansial, dari sisi keuangan bahan yang diteliti yaitu laporan keuangan dan dari aspek non finansial yaitu dari indikator kinerja pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengidentifikasi kinerja pelayanan dan kinerja keuangan RS Bogor Medical Center selama periode 2010 sampai dengan 2012.(2) Untuk menganalisis kinerja keuangan RS Bogor Medical Center dalam mendukung kelancaran proses pelayanan rumah sakit selama periode 2010 sampai dengan 2012.(3) Untuk menganalisis pengaruh kinerja pelayanan rumah sakit terhadap kinerja keuangan RS Bogor Medical Center selama periode 2010 sampai dengan 2012. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang telah dikumpulkan untuk dianalisis dan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Data yang dikumpulkan merupakan data yang akurat, seluruhnya bersumber dari data manajemen rumah sakit Bogor Medical Center. Dalam implementasinya, data sekunder merupakan data utama yang akan digunakan sebagai analisis. Alat analisis dalam penelitian ini yang digunakan untuk mengolahan data adalah analisis deskriptif dan Path Analysis atau analisis jalur dengan bantuan software Minitab 14. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa kinerja pelayanan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja keuangan. Peningkatan kinerja pelayanan searah dengan peningkatan kinerja keuangan. Angka R square mengartikan bahwa sebesar 33,5 % keragaman kinerja keuangan dapat dijelaskan oleh kinerja pelayanan sedangkan sisanya sebesar 66,5 % dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model ini. Sementara itu, variabel teramati kinerja pelayanan yang paling berkontribusi adalah TOI dengan nilai signifikansi 24,85 dan variabel teramati untuk kinerja keuangan yang paling banyak dipengaruhi adalah Rasio Hutang dengan nilai signifikansi 18,70. Faktor– faktor lain yang mempengaruhi Kinerja keuangan dapat dipengaruhi dari pelayanan rawat jalan seperti penunjang medis (Laboratorium, Radiologi dan Fisioterapi), IGD dan Poliklinik, Penambahan fasilitas pada unit rawat jalan pada tahun 2012 juga sangat membantu dalam peningkatan jumlah pasien rawat jalan.en
dc.language.isoid
dc.publisherBogor Agricultural University
dc.titleAnalisis pengaruh kinerja pelayanan terhadap kinerja keuangan pada rs. Bogor medical centeren
dc.typeUndergraduate Thesisen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record