Show simple item record

dc.contributor.advisorLatifah, Melly
dc.contributor.authorRubyn Devi Situmorang, Zervina
dc.date.accessioned2014-12-18T07:17:38Z
dc.date.available2014-12-18T07:17:38Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72262
dc.description.abstractPrestasi akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor internal maupun faktor eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) karakteristik anak dan keluarga, dukungan sosial, konsep diri, strategi pengaturan diri dalam belajar, dan prestasi akademik siswa, (2) pengaruh dukungan sosial dan konsep diri terhadap strategi pengaturan diri dalam belajar, (3) pengaruh karakteristik anak dan keluarga, dukungan sosial, konsep diri, dan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap prestasi akademik siswa. Responden dalam penelitian ini berjumlah 150 siswa SMP di wilayah Bogor. Pemilihan lokasi menggunakan cluster random sampling. Hasil analisis Partial Least Square menunjukan bahwa konsep diri memiliki pengaruh terhadap strategi pengaturan diri dalam belajar namun dukungan sosial tidak berpengaruh. Pendidikan orangtua berpengaruh negatif terhadap prestasi akademik secara signifikan. Dukungan sosial dan konsep diri ditemukan tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik. Sebaliknya, strategi pengaturan diri dalam belajar memiliki pengaruh positif terhadap prestasi akademik siswaen
dc.description.abstractThis study examined social support, self-concept, and self regulated learning strategies toward academic achievement. This study aimed to analyze: (1) child and family characteristic, sosial support, self-concept, self regulated learning strategies, and academic achievement, (2) the effect of sosial support and self-concept on self regulated learning strategies, (3) the effect of family characteristic, social support, self-concept, and self regulated learning (SRL) strategies toward student achievement. Data was collected from junior high school students in Bogor Region (n=150). Cluster random sampling was used in selection of those junior high schools. Data was collected via a questionnaire. Partial Least Square analysis showed that self-concept has a significant effect on SRL strategies but it was not significant on sosial support. Analysis of the data revealed that only parents’ education and SRL strategies were significant predictors in this model of students’ academic achievementen
dc.language.isoid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)
dc.titlePengaruh dukungan sosial, konsep diri, dan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap prestasi akademik siswa smpen
dc.typeUndergraduate Thesisen
dc.subject.keyworddukungan sosialen
dc.subject.keywordkonsep dirien
dc.subject.keywordprestasi akademiken
dc.subject.keywordstrategi belajaren


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record