Show simple item record

dc.contributor.advisorNajib, Mukhammad
dc.contributor.authorAmijaya, Dodi Tisna
dc.date.accessioned2014-12-18T07:17:08Z
dc.date.available2014-12-18T07:17:08Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72260
dc.description.abstractDewasa ini manajemen sumberdaya manusia (SDM) berperan sebagai pilar strategi perusahaan dalam hal menyiapkan tenaga-tenaga sumberdaya manusia yang unggul dan berdaya saing menjadi sangat penting bagi perusahaan. Industri perbankan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa perlu memperhatikan dan mengedepankan sumberdaya manusianya agar memiliki keunggulan kompetitif dan berdaya saing. Kotler (2000), mengatakan bahwa jika perusahaan benar-benar ingin memusatkan pelanggannya, karyawanlah yang harus dinomorsatukan, bukan pelanggan.Untuk menciptakan kepuasan kerja yang menunjang terciptanya kualitas pelayanan prima, perusahaan dapat menerapkan internal marketing.Dalam konsep internal marketing, karyawan diperlakukan sebagai customer.Dan dalam konsep internal marketing,perlu juga dibangun suatu iklim kerja yang menekankan pelayanan. Dengan membentuk persepsi karyawan, karyawan akan merasa bahwa dengan pelayanan yang baik, perusahaan akan mendukung dan memberi pernghargaan atas kinerja pelayanan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis persepsi pegawai Kantor Pusat PT BSM terhadap penerapan internal marketing dan kepuasan kerja, menganalisis pengaruh hubungan internal marketing terhadap kepuasan kerja pegawai Kantor Pusat PT BSM. Jumlah sampel terdiri dari 100 responden pegawai kantor pusat (40 Divisi Supporting, 60 Divisi Bisnis). Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik non-probability random samplingdengan teknik convenience samplingyakni dengan memilih sampel orang atau unit yang paling mudah dijumpai. Metode pengolahan dan analisis data dengan menggunakan analisis dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan pengujian, analisis mengenai tingkat persepsi pegawai kantor pusat terhadap internal marketing (motivasi, pemberdayaan, komunikasi, pendidikan & pelatihan) tergolong baik/setuju. Adapun persepsi pegawai terhadap kepuasan kerja (pekerjaan, imbalan, tempat kerja, mitra kerja) tergolong baik/setuju. Berdasarkan analisis dengan pendekatan PLS maka pengaruh internal marketing (IM) terhadap kepuasan kerja diperoleh nilai koefisien parameter (original sample) sebesar 0,827 dan nilai t-statistik sebesar 34,336 (lebih besar dari t-tabel=1,96).Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa Persepsi pegawai terhadap kepuasan kerja dapat dikatakan baik (setuju), tidak ada permasalahan terhadap kondisi kepuasan kerja pegawai kantor pusat PT BSM yang berdampak pada menurunnya kinerja perusahaan. Persepsi pegawai terhadap Internal Marketing dapat dikatakan baik (setuju). Sebagian besar pegawai kantor pusat PT BSM menyatakan program internal marketing yang diterapkan oleh PT BSM dapat berjalan dengan baik. Saat ini tidak ada permasalahan yang signifikan terhadap program tersebut.Berdasarkan hasil analisis PLS, internal marketing memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja pegawai, yang berarti semakin baik internal marketing yang diterapkan perusahaan, maka kepuasan kerja pegawai akan semakin membaik.en
dc.language.isoid
dc.publisherBogor Agricultural University
dc.titlePengaruh internal marketing terhadap kepuasan kerja pegawai kantor pusat pt bank syariah mandiri, jakartaen
dc.typeUndergraduate Thesisen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record