Show simple item record

dc.contributor.advisorLatifah, Melly
dc.contributor.authorSusandari, Tri
dc.date.accessioned2014-12-18T05:54:00Z
dc.date.available2014-12-18T05:54:00Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72192
dc.description.abstractPrestasi akademik merupakan suatu pencapaian yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang dimiliki seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh karakteristik anak dan keluarga terhadap gaya pengasuhan, (2) pengaruh gaya pengasuhan terhadap self efficacy, (3) pengaruh pengasuhan dan self efficacy terhadap kecemasan, (4) pengaruh karakteristik anak dan keluarga, pengasuhan, self efficacy, dan kecemasan terhadap prestasi akademik. Jumlah contoh dalam penelitian ini sebanyak 151 orang yang berasal dari SMPN Kota dan Kabupaten Bogor. Pemilihan lokasi dan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Gaya pengasuhan, self efficacy, kecemasan, dan prestasi akademik diukur menggunakan instrumen Persepsi Gaya Pengasuhan, Academic Self Efficacy and Efficacy for Self Regulated Learning, Cognitive Test Anxiety, dan nilai rapor. Analisis parsial menunjukan bahwa jenis kelamin dan lama pendidikan orangtua berpengaruh terhadap gaya pengasuhan demokratis. Gaya pengasuhan demokratis berpengaruh positif terhadap self efficacy, sedangkan kecemasan tidak dipengaruhi oleh gaya pengasuhan. Self efficacy memiliki pengaruh yang negatif terhadap kecemasan. Faktor-faktor yang berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik adalah karakteristik anak dan keluarga, self efficacy, dan kecemasan. Pengasuhan tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik.en
dc.description.abstractfactor. The present study aimed to analyze: (1) effect of characteristics of children and families on parenting styles, (2) effect of parenting styles on self efficacy, (3) effect of parenting and self efficacy on anxiety, (4) the influence of characteristic of children and families, parenting, self efficacy, and anxiety on academic achievement. Data were collected from student of Bogor Junior High School (n= 151). Cluster random sampling was used in selection of those junior high schools and sample. Parenting styles, self efficacy, anxiety and academic achievement were used a questionnaire Perceived Parenting Styles, Academic Self Efficacy and Efficacy for Self Regulated Learning, Cognitive Test Anxiety, and grade’s report. This findings suggest that gender and parents education have influence on authoritative parenting styles. Authoritative parenting styles has a positive influence on self-efficacy, whereas anxiety is not influenced by parenting style. Self efficacy has a negative influence on anxiety. The factors that have influenced toward academic achievement were children and family characteristic, self efficacy, and anxiety. Parenting has no influence on academic achievement.en
dc.language.isoid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)
dc.titlePengaruh pengasuhan, Self Efficacy, dan kecemasan terhadap prestasi akademik siswa Smpen
dc.typeUndergraduate Thesisen
dc.subject.keywordgaya pengasuhanen
dc.subject.keywordkecemasanen
dc.subject.keywordprestasi akademiken
dc.subject.keywordself efficacyen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record