Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhadap Ekuitas Merek Produk Manisan Pala Ukm Harapan Berkah
Abstract
Suatu perusahaan/organisasi membutuhkan ekuitas merek yang baik agar mampu bertahan dalam persaingan pasar. Komunikasi pemasaran berperan penting dalam membentuk euitas merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran komunikasi pemasaran terhadap ekuitas merek baik secara keseluruhan ataupun secara parsial. Bauran komunikasi pemasaran yang diteliti adalah (1) Iklan, (2) Promosi penjualan, (3) Event dan pengalaman, (4) Hubungan masyarakat dan publisitas, (5) Pemasaran langsung, (6) Pemasaran interaktif, (7) Pemasaran dari mulut ke mulut dan (8) Penjualan personal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survai dengan menggunakan analisis uji statistik regresi linier berganda. Data diambil dari 50 orang responden, yaitu konsumen manisan pala UKM manisan pala “Harapan Berkah” dengan teknik pengambilan responden secara kebetulan (accidental sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada bauran komunikasi pemasaran terhadap ekuitas merek. Bauran komunikasi pemasaran yang memiliki pengaruh terhadap ekuitas merek adalah event dan pengalaman dan pemasaran dari mulut ke mulut. A firm/organization should considered building a good brand equity in order to keep stand in market competition. Marketing communication has that ability to build a good brand equity. This study aimed to analyze the effect of marketing communications mix on brand equity either in whole or partially. Marketing communications mix studied were (1) Advertising, (2) Sales promotion, (3) Events and experience, (4) Public relations and publicity, (5) Direct marketing, (6) Interactive Marketing, (7) Word of mouth and (8) Personal selling. The method used in this study is a survey research methods and use the statistical tests multiple linear regression. The data is taken from 50 respondents, that is costumers from candied nutmeg’s Small Scale Bussines’s “Harapan Berkah” by chance or with accidental sampling methods. The results showed that there is a significant influence in marketing communications mix on brand equity. Marketing communication mix that has the influence on brand equity are event and experience and word of mouth.