Analisis Strategi Pemasaran Produk Asuransi Kesehatan Tenaga kerja pada PT JAMSOSTEK Cabang Bogor I
Abstract
Asuransi merupakan salah satu bidang jasa yang dilakukan untuk mengantisipasi masalah gejolak sosial dan ekonomi di masyarakat. PT JAMSOSTEK Cabang Bogor I hadir dengan tujuan meningkatkan kinerja perusahaan dalam melayani masyarakat Bogor untuk mengikuti program asuransi Kesehatan. Bauran pemasaran terbentuk berdasarkan keinginan perusahaan untuk dapat menginformasikan melalui periklanan, penjualan personal, pemasaran langsung, promosi penjualan, publisitas dan interaktif media. Penelitian ini bertujuan (1)Megidentifikasi strategi pemasaran yang dilakukan PT JAMSOSTEK Cabang Bogor I saat ini, (2) Menganalisis faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan)yang mempengaruhi strategi bauran pemasaran PT. JAMSOSTEK Cabang Bogor I, dan (3) Merumuskan alternatif strategi pemasaran PT JAMSOSTEK Cabang Bogor I. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Oktober 2013 hingga bulan Desember 2013. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder data primer berasal dari hasil wawancara terhadap 3 orang berpengalaman yang dipilih dengan sengaja yaitu kabid pemasaran, kabid umum & SDM, dan 1 orang Account Officer Ibu Rossana. Sedangkan data sekunder diperoleh dari observasi dan pencarian di website resmi perusahaan. Pemberian kuesioner dipilih secara sengaja dengan pertimbangan responden mengetahui dengan baik pelaksanaan pemasaran yang telah diterapkan perusahaan. Dengan matriks QSPM didapatkan alternatif strategi yang dapat diimplementasikan oleh PT JAMSOSTEK Cabang Bogor I, Berdasarkan tabel nilai daya tarik didapatkan alternatif strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan oleh PT JAMSOSTEK Cabang Bogor I. Strategi alternatif terpilih menambah manfaat kepesertaan yang dapat menarik minat nasabah (peserta), promosi melalui jaringan mirta kerja, dan melakukan kegiatan pemasaran langsung yang informatif untuk menarik minat mitra pengusaha dan tenaga kerja. Merupakan strategi alternatif tertinggi Berdasarkan tabel 18, maka didapatkan strategi dengan nilai daya tarik tertinggi yaitu melakukan kegiatan pemasaran langsung yang informatif untuk menarik minat mitra pengusaha dan tenaga kerja. Dalam melakukan pemasarannya perusahaan melakukan seminar yang dapat dilakukan dalam menginformasikan keunggulan produk, manfaat, syarat dan informasi lainnya yang mungkin diketahui peserta yang hadir dalam seminar. mampu meningkatkan minat mitra pengusaha di seluruh daerah kota bogor dan sekitarnya.
Collections
- UT - Management [3360]