Pengembangan Model Bisnis Produk Dodol Rumput Laut (Eucheuma Cottonii)
Abstract
Dodol rumput laut merupakan salah satu jenis camilan tradisional yang sehat dan dihasilkan dari rumput laut. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh profil produk dodol rumput laut, mendapatkan model bisnis terbaik untuk usaha produk dodol rumput laut, dan merancang pengembangan bisnis produk dodol rumput laut. Pada tahapan pengembangan profil produk dilakukan dengan metode pembuatan dodol, uji kesukaan panelis, identifikasi nutrisi produk dan desain kemasan. Pada pengembangan model bisnis dilakukan dengan metode test the problem, test the solution dan verifikasi model bisnis. Pada pengembangan bisnis dodol rumput laut dilakukan dengan menganalisis kebutuhan pasar dan perhitungan HPP produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk model bisnis terbaik pada value proposition adalah produk yang mengandung serat rumput laut, membantu memperlancar pencernaan, memiliki rasa enak, unik dan kenyal, tersedia dalam berbagai varian rasa dan ukuran kemasan. Pada customer segment adalah pembeli online, seluruh wilayah Jabodetabek, anak-anak (indirect consumer), wanita karir dan reseller. Selanjutnya pada revenue stream terbaik adalah penjualan langsung produk dan program reseller dan dropshipper.