Show simple item record

dc.contributor.advisorBasith, Abdul
dc.contributor.advisorIndrawan, Dikky
dc.contributor.authorAl Husna
dc.date.accessioned2013-07-22T04:19:35Z
dc.date.available2013-07-22T04:19:35Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/64792
dc.description.abstractTingginya persaingan di industri minuman isotonik, produsen minuman isotonik Mizone merancang berbagai strategi pemasaran, salah satunya melalui iklan televisi. Besarnya biaya iklan televisi tidak selalu efektif mempengaruhi tingkat penjualan serta kompetisi diantara pesaing yang ada. Untuk itu penelitian mengenai efektivitas iklan minuman isotonik Mizone dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap minuman isotonik perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui efektivitas pesan iklan dalam iklan Mizone dapat terkomunikasikan kepada konsumen; (2) Mengetahui faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian minuman isotonik. Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari-Maret 2011 dengan mengambil data primer dari kuesioner yang dibagikan kepada 100 orang mahasiswa strata-1 Institut Pertanian Bogor Darmaga sebagai responden. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur terdahulu dan dari media internet. Analisis data yang digunakan oleh Consumer Decision Model dan analisis Canonical Correlation dengan bantuan MINITAB 14, SPSS 17.00 for Windows, Ms Excel dan STATISTICA 9. Berdasarkan hasil analisis Consumer Decision Model diketahui bahwa pesan iklan yang ingin disampaikan oleh produsen minuman isotonik Mizone melalui iklan televisi versi “City” berpengaruh terhadap variabel-variabel yang diukur pada Consumer Decision Model sampai dengan variabel pembelian nyata. Pesan iklan Mizone versi “City” efektif dalam mempengaruhi kepercayaan konsumen dan sikap konsumen sehingga menimbulkan niat beli konsumen untuk melakukan pembelian nyata terhadap produk Mizone. Pengenalan merek Mizone melalui iklan televisi tidak efektif mempengaruhi kepercayaan konsumen dan sikap konsumen sehingga tidak dapat menimbulkan niat beli apalagi pembelian nyata konsumen terhadap produk Mizone. Hasil analisis berdasarkan korelasi kanonik menghasilkan tiga faktor yang berpengaruh pada pembelian nyata konsumen terhadap minuman isotonik, yaitu faktor merek (-0,703) , media informasi (0,521) dan gaya hidup (0,521).en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Efektivitas Iklan Televisi Mizone dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Minuman Isotonik oleh Mahasiswa Strata-1 Institut Pertanian Bogoren


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record