Show simple item record

dc.contributor.advisorBasith, Abdul
dc.contributor.advisorIndrawan, R. Dikky
dc.contributor.authorPutri, As’syifa Gema Utami
dc.date.accessioned2013-07-22T04:16:04Z
dc.date.available2013-07-22T04:16:04Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/64791
dc.description.abstractKondisi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini masih terkendala oleh kurangnya modal dan akses ke sumber-sumber permodalan. Hal ini menjadi peluang bagi lembaga perbankan untuk mengeluarkan produk kredit yang bisa memfasilitasi kebutuhan tersebut. Salah satu produk yang diperuntukkan bagi pelaku UMKM adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kredit jenis ini merupakan program pemerintah yang disalurkan melalui beberapa bank, seperti BNI, BRI, Mandiri, Bukopin, Bank Mandiri Syariah, dan beberapa bank pembangunan daerah. Bank Bjb sebagai salah satu bank yang menyalurkan KUR harus bersaing dengan bank-bank tersebut. Bank Bjb Cabang Cibinong merupakan salah satu bank pembangunan daerah yang cukup dikenal oleh masyarakat Kabupaten Bogor, sedang berkembang, dan telah mengetahui seluk beluk daerahnya dibandingkan dengan bank swasta nasional yang mencoba ekspansi ke daerah. Oleh karena itu, Bank Bjb harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan daya saing dan penyaluran KUR kepada masyarakat UMKM. Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah dengan mengetahui bagaimana proses keputusan konsumen dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih produk KUR Bank Bjb Cabang Cibinong. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses keputusan konsumen dalam pemilihan produk KUR Bank Bjb Cabang Cibinong (2) Mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih produk kredit KUR Bank Bjb Cabang Cibinong (3) Menganalisis hubungan proses keputusan konsumen dengan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pemilihan produk kredit KUR Bank Bjb Cabang Cibinong. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara memberikan kuesioner kepada responden yang mengetahui dan pernah menggunakan produk KUR Bank Bjb. Data sekunder diperoleh dari studi literatur, internet, media massa, buku, dan penelitian terdahulu yang relevan. Alat analisis yang digunakan adalah uji korelasi kanonik. Pengolahan data dalam penelitian menggunakan microsoft ecxel, Minitab 14, SPSS 16 dan Statistic versi 8. Hasil analisis dengan menggunakan korelasi kanonik menunjukkan bahwa pada tahap pengenalan kebutuhan, yang paling berhubungan dalam proses keputusan konsumen adalah kebutuhan investasi (0,296061), pada tahap pencarian informasi adalah informasi media elektronik (0,577116), pada tahap evaluasi alternatif adalah evaluasi plafond (-0,446301), pada tahap keputusan pembelian adalah pengaruh media iklan (-0,677412), serta pada tahap evaluasi pasca pembelian adalah kemauan menyarankan KUR pada orang lain (0,429835). Faktor-faktor yang paling berhubungan dengan keputusan konsumen adalah dukungan keluarga (0,443944), keputusan langsung (0,640429), dan pengalaman menggunakan KUR (-0,205081). Nilai korelasi antara faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dengan proses keputusan konsumen yang didapatkan rata-rata menunjukkan nilai kurang dari 0,5. Hal ini berarti hubungan antara gugus peubah proses keputusan konsumen (X) dengan gugus peubah faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen (Y) secara umum adalah lemah.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Proses Keputusan Konsumen dalam Pemilihan Produk Kredit KUR Bank Jabar Banten (Bjb)en


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record