Show simple item record

dc.contributor.advisorSiregar, Edward H.
dc.contributor.authorEl Amin, Andrian Duta
dc.date.accessioned2013-07-22T03:10:21Z
dc.date.available2013-07-22T03:10:21Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/64784
dc.description.abstractDunia usaha semakin menyadari bahwa perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line, yaitu nilai perusahaan (corporate value) yang direfleksikan hanya dalam kondisi keuangannya saja, namun juga harus memperhatikan aspek sosial dan lingkungannya. Hal itu pula yang terjadi pada industri asuransi di Indonesia. Perumusan strategi bisnis dilakukan tidak hanya mengacu pada aspek teknis saja, melainkan juga harus mempertimbangkan aspek etika bisnis. PT. Asuransi MSIG Indonesia merancang dan menerapkan berbagai program CSR sebagai wujud kepeduliannya terhadap masyarakat dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui karakteristik peserta seminar pada kegiatan CSR pendidikan yang dilakukan MSIG; (2). Menganalisa sikap peserta terhadap penerapan kegiatan CSR pendidikan yang dilakukan MSIG; (3). Mengidentifikasi kategori kegiatan CSR pendidikan MSIG; (4) Menganalisa faktor-faktor yang berpengaruh pada pencitraan MSIG melalui kegiatan CSR pendidikan. Penelitian dilakukan di Kantor PT. Asuransi MSIG Indonesia, Jakarta dan dilaksanakan pada bulan Februari 2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada peserta seminar MSIG di IPB dan interview langsung kepada manajer, serta data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka dan internet yang relevan dengan topik penelitian. Penentuan sampel dilakukan secara purposive dengan sampel sebanyak 100 responden. Uji validitas dan reliabilitas kuesioner dilakukan dengan uji Product Moment Pearson dan teknik Cronbach’s Alpha. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Analisis Chi-square dan Analisis Faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR pendidikan tentang seminar manajemen risiko termasuk dalam kategori Corporate Social Marketing (CSM). Berdasarkan hubungan antara karakteristik (Jenis Kelamin, Usia, dan Tingkat Pendidikan) dengan persepsi citra perusahaan mempunyai Asymp Sig lebih besar sama dengan nilai alfa 0,05 maka H0 diterima. Artinya karekteristik (Jenis Kelamin, Usia, dan Tingkat Pendidikan) tidak ada hubungan dengan persepsi citra perusahaan. Sedangkan berdasarkan hasil analisis faktor diketahui, bahwa faktor yang paling dipentingkan oleh peserta seminar MSIG adalah faktor Tata Kelola Perusahaan dan Kualitas Manajemen (0,707), kemudian faktor Keunggulan dan Hubungan dengan Pelanggan (0,581), dan yang terakhir adalah faktor Tanggung Jawab Sosial (0,358).en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleKajian Citra Perusahaan PT. Asuransi MSIG Indonesia Melalui Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Kasus : Peserta Seminar di Kampus IPB)en


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record